5
Oleh: Muhammad Hifni

Setiap kita pasti akan mengalami masalah hidup. Masalah merupakan bagian yang tak kan terpisahkan dengan kehidupan manusia. Setiap hembusan napas akan selalu diiringi dengan ujian hidup. Begitulah cara Allah menyeleksi hambaNya mana yang betul-betul beriman kepadaNya dan yang tidak. Dalam Al-Qur’an Allah telah menjelaskan:

“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan, ‘Kami telah beriman,’ sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta”.


Jadi ujian itu adalah sunatullah yang pasti akan dialami oleh setiap manusia selama hidupnya. Oleh karena itu tidak perlu kita merasa terpuruk dan galau jika masalah sedang kita hadapi, karena itu sudah menjadi ketetapan yang telah Allah tentukan. Jangan mengira setiap orang yang kita temui dan tersenyum dengan indah tidak memiliki masalah, bisa jadi mereka memiliki masalah jauh lebih berat dari kita namun mereka tetap tegar dalam menghadapinya.

Tugas kita hanya berusaha sekeras-kerasnya mencari jalan keluar atas masalah yang Allah berikan. Selebihnya Dialah yang menentukan karena sesungguhnya pertolongan Allah sangatlah dekat.  Dalam Al-Qur’an dijelaskan,” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat." (QS. Al-Baqarah [2] : 214).


Dan ingatlah bahwa Rasulullah pernah bersabda,” Tidaklah dari seorang Muslim yang tertusuk duri hingga apa-apa yang lebih berat darinya, kecuali dicatat baginya derajat dan dihapus darinya dengan hal itu kesalahan”. (Riwayat Muslim)

Dari hadits ini, para ulama berkesimpulan bahwa segala musibah yang menimpa seorang Muslim, maka itu akan mendatangkan balasan berupa pahala dan pengampunan terhadap dosa.


Sekedar tertusuk duri saja Allah memberikan ganjaran penghapusan kesalahan atau dosa, apalagi sampai mendapatkan ujian yang lebih. Oleh karena itu, janganlah terlalu banyak berkeluh kesah dan khawatir ketika ujian itu datang, karena ia akan menjadi perantara atas pengampunan dosa yang telah kita lakukan semasa hidup kita. 

#Salam Literasi

Post a Comment

  1. tulisan bapak sangat memberikan motifation untk kami yang membaca,,, yaaaa di setiap manusia wajib ada ujian yang harus kta alami,, akan tetapi allah memberikan ujian kepada hambanya dengan sesuai kemampuannya, maka di setiap ujian mesti kita harus bersabar karna dengan bersabar pasti ada jalannya karna dngan bersabar itu lah kta akn mendapatkan kebahagian yang hakiki, seperti dalam sabda Baginda Rasulullah.saw yang artinya "orang yang bahagia ialah orang yang di jauhkan dari fitnah-fitnah dan orang yang bila terkena ujian dan cobaan dia bersabar"(HR Ahmad dan Abu Dawud)

    semoga tulisan bapak selalu bermanfaat bgi pembacanya

    ReplyDelete
  2. setuju deh dengan pendapat bapak,,,karna setiap manusia punya masalah dan masalah itu akan membuat manusia menjadi dewasa dan bijaksana.....

    ReplyDelete
  3. Benar sekali pak,ujian adalah sarana untuk mmbuat insan lbih berkualitas,,sperti kata pepatah semakin tinggi pohon,semakin keras angin yg menerjang sooo ttap husnuzzan aja ketika ujian mnghampiri

    ReplyDelete
  4. betul banget pak,,dengan adanya ujian hidup kita bisa mengoreksi diri kita sendiri dan merubah kehidupan diri kita untuk yang lebih baik lagi....Allah tidak akan menguji hambanya kalau hambanya itu tidak mampu menghadapi masalahnya itu.

    ReplyDelete
  5. Setuju pak..
    kalau tidak ada ujian tidak akan seru.....

    ReplyDelete

 
Top